Thursday, June 14, 2007

Lingkaran-lingkaran Misterius Kamera Berputar

Dari awal saya memang ingin mencoba bereksperimen dengan hal-hal yang sifatnya berputar dengan menggunakan teknik-teknik fotografi. Lalu muncul ide untuk membuat kamera yang berputar, bukan berputar secara horizontal seperti membuat foto panorama yang bersambung, tapi secara vertikal layaknya gatling gun, senapan mesin berputar yang digunakan dalam Perang Dunia I. Seperti halnya gatling gun yang menggunakan tripod sebagai penyokong beratnya, kamera juga menggunakan tripod sebagai penyangganya. Tripod itulah yang akan saya rekayasa supaya dapat memutar kamera. Tapi, parahnya saya tidak punya gambaran bagaimana jadinya nanti foto-foto yang dihasilkan dengan teknik tersebut.


Tidak mudah bagi saya untuk memesan alat tambahan pada tripod untuk memutar kamera. Butuh waktu sebulan untuk menemukan orang yang dapat membuat alat yang sebenarnya sederhana tersebut. Akhirnya alat tersebut sanggup dikerjakan oleh Lik War, yang memiliki bengkel las di daerah Godean. Lik War sering membantu banyak seniman instalasi dalam proses kreasi karya-karyanya. Setelah seminggu memesan, akhirnya jadilah alat tersebut. Saya gembira sekali karena alat yang saya idam-idamkan telah siap dipakai. Saking senangnya, dalam seminggu setelah alat tersebut jadi, saya sudah menghabiskan 5 roll film untuk mencobanya.

gatling gun

Karena alat tersebut masih sangat sederhana dan perputarannya harus dilakukan dengan manual, maka shutter speed yang harus saya gunakan untuk memotret adalah speed lambat. Karena itu saya lebih banyak memotret lampu-lampu kota di malam hari untuk uji coba. Setelah melakukan tes untuk alat tersebut, lalu film-film negatif tersebut saya cetak. Hasilnya, tidak saya duga akan mendapatkan visual-visual yang sangat menarik. Lingkaran-lingkaran cahaya yang didapat dari lampu-lampu jalan, neon sign, banner dengan tulisan berjalan, sampai lampu-lampu kendaraan yang melintas di jalan-jalan terlihat mendominasi space foto dan sangat misterius. Dan saya cukup senang memainkan mainan baru ini...

2 comments:

galeri-imaji said...

wow... eksperimen yg luar biasa
kamu telah menjadi seorang penemu..


sukses wo...

wongbiasa said...

mas, ajarin kenalin juga ke mahasiswa2 surabaya.......
hehehe